Minggu, 28 Agustus 2016

Apakah Anda Orang Jawa? Berikut Tentang Jawa Yang Patut Di Banggakan



Jawa adalah sebuah suku yang memiliki banyak daya tarik di mata dunia, bahkan ada beberapa tentang Jawa yang mendunia, berikut saya ulas beberapa tentang Jawa yang mendunia. 

Bahasa Jawa
Bahasa Ini identik dengan Suku jawa, dimana bahasa ini digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari oleh suku jawa, bahkan bahasa jawa adalah salah satu bahasa yang paling banyak di pakai oleh masyarakat Indonesia. Adapun pelafalan orang jawa dalam berbahasa sangat mudah dikenali, karena cara bicara yang kental (medok). Bahasa Jawa adalah bahasa yang di tuturkan oleh kira-kira 80 juta orang di Indonesia. Kebanyakan penuturnya tinggal di Pulau Jawa. Bahasa Jawa diperkirakan menjadi bahasa ibu yang ke-12 terpopuler di dunia.
Bahkan setidaknya sampai saat ini ada 2 universitas di dunia yang menawarkan jurusan sastra jawa, yaitu :
a.      Universitas Leiden, Belanda
Universitas Leiden, universitas tertua di Belanda yang didirikan oleh Pangeran Willem van Oranje pada tahun 1575, merupakan universitas yang memiliki manuskrip-manuskrip dan penelitian khusus mengenai Sastra Jawa., universitas ini menawarkan jurusan Sasta Jawa, lho.
b.      Australian National University, Australia
Salah satu universitas terkemuka di Australia ini menawarkan juga jurusan Sastra Jawa, sama seperti Universitas Leiden. Bahkan baru-baru ini, sejumlah mahasiswa ANU memproduksi sekaligus menjadi pemain utama dalam film pendek yang berlatar belakang Jawa. Uniknya lagi, film itu memakai bahasa Jawa. Sementara bahasa Inggris, hanya menjadi teks penjelas atau subtitle. Sastra Jawa di Australian National University ini diperkenalkan oleh adalah seorang pakar sastra dan budaya Jawa yang berdomisili di Australia, yang juga seorang dosen senior di kampus ini.
 
Perantauan
Suku Jawa adalah salah satu suku yang suka merantau, Bahkan Di suatu Negara di Benua Amerika Selatan yang bernama Suriname yang juga merupakan bekas jajahan Belanda. Suku Jawa sudah berada di Suriname sejak akhir abad ke-19, di mana angkatan pertamanya dibawa oleh kolonis Belanda dari Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Sebagian keturunan mereka ada yang tinggal di Belanda. Sampai sekarang, mereka tetap menuturkan bahasa Jawa. Bahkan salah satu capres pada pemilu di Suriname pada tahun 2015 Raymond Sapoen adalah Keturunan Banyumas Jawa Tengah.
Orang Jawa Suriname sekarang diperkirakan berjumlah sampai 15% penduduk Suriname.

Musik Jawa (Nyinden)
Waranggana atau pesinden atau penyanyi yang mengkhususkan diri melantunkan lagu-lagu Jawa (gending Jawa) baik yang klasik atau modern, terutama yang diiringi dengan musik gamelan. Biasanya nyinden dilakukan oleh orang jawa asli yang fasih berbahasa jawa. Namun ada beberapa orang bule yang tertarik dengan budaya jawa satu ini, berikut beberapa sinden bule yang sudah berprofesi sebagai Sinden :
a.       Elizabeth Karen Sinden Dari Amerika

perempuan kelahiran Chicago, Amerika Serikat, itu. Istri dalang Ki Soleh Adi Pramono tersebut kini lekat dengan identitas sinden bule. Satu-satunya di Jatim,
“Saya mengawalinya sebagai penikmat seni tradisional Jawa. Eeh, suwe-suwe kok kepincut, ya sekalian saja nyemplung,” tuturnya sambil tersipu.
Elizabeth mengaku akan kecewa jika seni budaya tradisional sering diposisikan di tempat kedua setelah kebudayaan modern. “Setiap mendengar gending Jawa, saya merasa ayem. Anehnya, anak-anak muda sekarang cenderung anti terhadap irama warisan nenek moyangnya,” katanya.
b.      Sinden Megan Collins Orang Amerika Serikat
Megan Collins Ia ke Indonesia karena memang mempelajari karawitan, dengan menjadi mahasiswa Jurusan Karawitan ISI Surakarta.
Perempuan yang mempelajari kesenian sinden sejak 2005 itu mengaku tertarik menjadi sinden karena memiliki keindahan tersendiri. Keindahan itu membuatnya serius mempelajari lagu-lagu sinden dan membuatnya seperti sekarang.
c.       Sinden Asal Jepang Hiromi Kano
Awalnya, pada 1991, Hiromi adalah seorang mahasiswa Jurusan Musik Barat dan Piano Tokyo Ongaku Daigaku (Universitas Musik Tokyo). Di kampusnya ia juga diajarkan bermain musik gamelan. Ia takjub saat menyaksikan seorang dosennya memainkan musik gamelan. Sejak itu dia mulai mempelajari gamelan.
Tak banyak yang tahu, Hiromi bisa seperti sekarang bukan tanpa perjuangan. Hiromi bisa dikenal orang, bisa tampil sampai ke luar negeri, berkat kegigihannya dan kekuatannya sebagai wanita Jepang. Menjadi sinden awalnnya hanya ikut tampil di kampus kalau ada pergelaran seni. Sepulang dari kampus, dia selalu menghapal lirik-lirik lagu Jawa. Bahkan hampir setiap hari menyanyikan lagu-lagu Jawa. Lalu Hiromi sering diikutkan dalam acara pentas seni di kampus. Dari kampus, Hiromi makin banyak dikenal. Selain dia adalah orang asing, suara dan cengkoknya juga bisa diandalkan. Selain itu, Hiromi bisa bersosialisasi dan bergaul dengan banyak orang. Selain aktif di kesenian kampus, dia ikut bergabung dengan seniman Yogyakarta. Dari sana namanya kian dikenal, sehingga dalam pentas wayang sering diundang tampil. Semakin dikenal banyak orang, Hiromi semakin giat belajar. Apalagi dia sering digaet dalang-dalang kondang di Pulau Jawa, salah satunya Ki Suparno Wonokromo yang sering membawanya tampil.
Sempat Hiromi kembali ke Jepang untuk mengadakan pementasan. Ia pun bertemu orangtuanya. Saat melakukan pementasan, orangtuanya pun menonton. Mereka terpana dan takjub melihat Hiromi berbusana Jawa dan membawakan lagu Jawa. Ibunya pun menangis. Walaupun berat meninggalkan orangtuanya, Hiromi tetap kembali ke Indonesia. Dalam ingatannya hanya ada musik gamelan dan lantunan lagu-lagu Jawa yang merdu.

d.      Esther Jene Wild dari Oxford, Inggris
Seorang Sinden berkebangsaan Eropa di adalah Esther seorang wanita cantik yang berasal Inggris, ia belajar karawitan hingga ia pandai berbahasa Jawa terutama Nyinden. Sinden cantik itu belajar karawitan hingga ia pandai berbahasa Jawa terutama Nyinden.

1 komentar:

  1. Do you realize there's a 12 word phrase you can say to your crush... that will induce deep emotions of love and instinctual attractiveness to you deep within his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, cherish and guard you with his entire heart...

    12 Words Who Fuel A Man's Desire Instinct

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will drive him to work better than ever before to take care of you.

    Matter of fact, fueling this dominant impulse is absolutely binding to getting the best possible relationship with your man that once you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly notice him expose his heart and mind for you in a way he's never experienced before and he will distinguish you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus